Ahmad Faizun, Pakar Keamanan Siber Indonesia

Ahmad Faizun adalah seorang ahli keamanan siber Indonesia. Ia adalah pemerhati, pelopor, dan innovator di bidang keamanan informasi

Ahmad Faizun, ahli keamanan siber Indonesia. [Foto: Ist]

Ahmad Faizun adalah seorang ahli keamanan siber Indonesia. Ia adalah pemerhati, pelopor, dan innovator di bidang keamanan informasi yang kerap menjadi pembicara online dengan nama samaran atau nama alias.

Saat ini, pria kelahiran Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia pada 30 Januari 1987 ini merupakan Komisaris Maplecode.id.

Profil Ahmad Faizun

Berawal dari kegiatannya menguji kelemahan dari perangkat lunak di gawai, Ahmad Faizun telah mengembangkan banyak aplikasi yang memiliki fitur khusus keamanan informasi yang bermanfaat di kelas dunia dan telah dijual ke mancanegara.

Ia juga banyak terlibat di dalam pengembangan aplikasi berbasis mobile baik IOS maupun Android, khususnya di sisi keamanan informasi dan teknologi enkripsi. Aplikasi-aplikasi yang mana telah didownload oleh lebih dari 100 juta orang dan diakuisisi oleh perusahaan multinasional untuk dikembangkan lebih lanjut.

Saat ini, Ahmad Faizun dikenal sebagai ahli keamanan siber Indonesia yang memiliki karya-karya terobosan di bidang keamanan informasi, baik teknik serang maupun defense (pertahanan) dari para hacker dan penyerang (attacker) sistem keamanan informasi di tingkat nasional dan global.

Sebagai seorang penasihat keamanan informasi, Ahmad Faizun sering diminta pendapat dan keahliannya oleh para petinggi pemerintah, organisasi masyarakat dan petugas penegak hukum di area anti-money laundering yang berbasis digital.

Ia juga berbagi pengetahuannya di bidang zero day exploits di web gelap, dan memiliki karya-karya di bidang akuisisi data melalui aplikasi berbasis web, modifikasi data, pengambilalihan akses jarak jauh, dan lainnya.

Baca Juga

Kecamatan Ranah Pesisir merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan. Di kecamatan ini, terdapat 44 sekolah meliputi jenjang pendidikan dasar hingga menengah serta 2 perguruan tinggi.
SD Hingga Perguruan Tinggi di Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan
Sikap beberapa anggota DPRD Sumbar terkait renovasi rumah dinas Ketua DPRD Sumbar berbeda ketika menolak mobil dinas baru Gubernur Sumbar.
Inkonsistensi Anggota DPRD Sumbar, Tolak Mobil Dinas Tapi...
Mahasiswa KKN Unand Ulak Karang Utara Padang mengadakan webinar untuk memberikan edukasi mengenai Covid-19 dan pentingnya vaksin Covid-19.
Edukasi Vaksin Kepada Pelajar, Mahasiswa KKN Unand Ulak Karang Utara Gelar Webinar
Mahasiswa KKN Unand Nagari Pelangai Beri Penyuluhan Pembuatan Hand Sanitizer
Mahasiswa KKN Unand Nagari Pelangai Beri Penyuluhan Pembuatan Hand Sanitizer
Mahasiswa KKN Unand Nagari Pelangai melakukan penanaman 15 bibit bunga bangkai di kawasan wisata air terjun Pelangai Gadang, Pesisir Selatan.
Unik! Mahasiswa KKN Unand Nagari Pelangai Tanam 15 Bibit Bunga Bangkai
Penyuluhan bahaya seks bebas pada usia remaja di SMAN 1 Ranah Pesisir Selatan.
Mahasiswa KKN Unand Nagari Pelangai Beri Penyuluhan Bahaya Seks Bebas