Menpora Resmi Tutup Pomnas XVII 2022, Sumbar Peringkat Lima

Suluah.com – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali secara resmi menutup penyelenggaraan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XVII 2022 di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), Sabtu (26/11/2022) malam.

Dalam ajang tersebut, Sumatra Barat (Sumbar) memperoleh peringkat kelima dalam perolehan medali, terdiri dari 14 emas, 8 perak dan 14 perunggu. Peringkat pertama diraih oleh DKI Jakarta dengan 115 medali, disusul Jawa Tengah dengan 89 medali, Jawa Timur dengan 72 medali, dan Jawa Barat dengan 61 medali.

Dalam sambutannya, Menpora Zainudin mengapresiasi penyelenggaraan Pomnas XVII dengan UNP sebagai tuan rumah serta capaian medali Sumbar.

"Selamat kepada Sumbar yang sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi," ujar Zainudin.

Berikutnya, Menpora Zainudin menyinggung soal potensi olahraga Indonesia dalam menunjang ekonomi dan pariwisata daerah.

"Kita harus mendorong olahraga tak hanya untuk prestasi tapi juga ekonomi. Sport industri dan sport tourism saat jadi sumber devisa dan pemasukan berbagai negara maju. Potensi kita di tanah air sangat besar, hanya belum tergali secara maksimal," ujarnya.

Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemrpov) Sumbar memberikan dukungan Pomnas karena menghadirkan banyak kebaikan di berbagai bidang, tidak saja prestasi olahraga, melainkan juga sisi ekonomi.

Oleh sebab itu, Gubernur Mahyeldi menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah berbagai kejuaraan olahraga dan kegiatan kepemudaaan di Sumbar.

Gubernur Mahyeldi juga mengucapkan selamat kepada kepada para atlet yang telah berjuang dan menjadi yang terbaik di 14 cabang olahraga dan 166 nomor yang diperlombakan.

"Selamat kepada para pemenang Pomnas XVII, kami berharap Saudara dapat terus meningkatkan prestasinya. Kepada peserta yang lain tidak perlu berkecil hati, teruslah memotivasi diri untuk penyempurnaan kedepannya," katanya.

Sementara itu, Rektor UNP Ganefri mengapresiasi seluruh pihak yang telah turut aktif menyukseskan Pomnas XVII. Ia juga menyatakan kesiapan UNP untuk menggelar berbagai ajang olahraga dengan segenap fasilitas yang dimiliki.

Penutupan Pomnas XVII ditandai dengan penyerahan bendera penyelenggara dari Ketua Panitia Pomnas XVII kepada Ketua Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) dan selanjutnya diberikan kepada Rektor Universitas Lambung Mangkurat selaku tuan rumah POMNAS XVIII tahun 2023 mendatang. [den]

Tag:

Baca Juga

Zukri Saad adalah aktivis Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Indonesia yang berkiprah dalam gerakan masyarakat sipil di Sumatra Barat
Zukri Saad, Tokoh Gerakan Masyarakat Sipil Sumatra Barat
Erlina Burhan adalah seorang dokter spesialis paru Indonesia yang berpraktik di dua lokasi di Jakarta, yakni di RS Islam Jakarta Cempaka Putih dan RS YARSI
Erlina Burhan, Berkiprah Eliminasi TB hingga Penanganan Pandemi Covid-19
Kamardi Thalut berkiprah memajukan bagian bedah sekaligus menjadi guru besar untuk bidang tersebut di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.
Kamardi Thalut, Dokter Bedah Berdedikasi
Djamaluddin Tamim adalah seorang wartawan dan pejuang kemerdekaan Indonesia yang memimpin Partai Komunis Indonesia di Sumatra Barat pada dekade 1920-an
Djamaluddin Tamim, Berjuang untuk Indonesia Merdeka Meski Bolak-Balik Penjara
Yulizal Yunus adalah seorang filolog dan akademisi bidang sastra Arab. Topik penelitiannya mencakup biografi dan karya ulama Minangkabau.
Yulizal Yunus, Mengkaji Khazanah Keilmuan Ulama Minangkabau Lewat Manuskrip
Zubaidah Djohar adalah seorang penyair dan aktivis kemanusiaan Indonesia
Zubaidah Djohar dan Kerja Kemanusiaannya Bagi Korban Konflik