Beribadah di Masjid Jamik Nurul Huda Padang Panjang yang Bersih dan Nyaman

Bersih dan nyaman, demikian fasilitas ibadah yang ingin dihadirkan oleh pengurus Masjid Jamik Nurul Huda di Kelurahan Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang.

Masjid Jamik Nurul Huda. [Foto: Rahmatdenas]

Suluah.com – Bersih dan nyaman, demikian suasana tempat ibadah yang ingin dihadirkan oleh pengurus Masjid Jamik Nurul Huda di Kota Padang Panjang, Sumatra Barat (Sumbar).

Jika Anda dalam perjalanan melewati Padang Panjang dan hendak singgah untuk beribadah maupun istirahat, masjid ini bisa menjadi pilihan. Ada sejumlah layanan bagi jemaah yang disediakan oleh pengurus masjid.

Layanan Masjid Jamik Nurul Huda

Baru-baru ini, pengurus masjid meluncurkan 10 jenis pelayanan yang peresmiannya ikut dihadiri oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi pada Jumat (18/2/2022) lalu.

Salah satu program tersebut yakni pelayanan 24 jam. Artinya, masjid ini buka setiap saat, tidak hanya ketika salat lima waktu. Parkir masjid cukup luas dan dijaga satpam.

Pengurus masjid menyediakan air hangat berupa kopi dan teh serta makanan ringan bagi jemaah yang membutuhkan. "Semua fasilitas itu gratis. Tidak bayar," kata pengurus masjid, Buya Sehabudin.

Layanan lainnya yakni penginapan terbatas bagi musafir, buletin, perpustakaan, dan sedekah Jumat. Berikutnya, gedung Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA), persaudaraan penyelenggaraan jenazah, dan lembaga ziswaf.

Masjid Terbersih

Gubernur Sumbar Mahyeldi memuji layanan di Masjid Jamik Nurul Huda. "Sarana dan pelayanan yang baik di masjid akan membuat jemaah betah dan senang. Ini bisa menjadi contoh bagi masjid lainnya," katanya.

Mahyeldi juga mengapresiasi aspek kebersihan pada masjid ini. "Kebersihan tempat bersuci dan tempat wudu, benar-benar dijaga," katanya.

Baca juga: Masjid Jamik Darussalam Koto Baru, Berdinding Ukiran Pandai Sikek dan Berusia Seabad

Masjid yang berdiri pada tahun 1992 ini memang tercatat sebagai salah satu masjid terbersih di Sumatera Barat pada akhir 2021 lalu.

Di sini, karpet salatnya bersih dan wangi sehingga jemaah nyaman beribadah. Begitu pula, tempat wudu dan kamar mandi. Petugas secara berkala memastikan kebersihan kamar mandi agar tidak ada bau yang mengganggu. [den]

Baca Juga

Isnaniah Saleh adalah keponakan Rahmah El Yunusiyah. Ia memipin Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang sejak 1969 hingga wafat pada 1900.
Isnaniah Saleh, Penerus Perjuangan Rahmah El Yunusiyah
Masjid ini berusia lebih dari seabad. Bangunan induknya terbuat dari kayu dengan tambahan bangunan serambi yang terbuat dari batu bata.
Masjid Usang Koto Marapak, Bertahan Meski Ditinggalkan
Melihat Masjid dan Surau Syekh Muhammad Jamil di Bayang yang Terabaikan
Melihat Masjid dan Surau Syekh Muhammad Jamil di Bayang yang Terabaikan
Masjid Tuo Ampang Gadang terancam ambruk. Masjid yang berusia hampir dua abad ini kini berada dalam kondisi yang memprihatinkan.
Masjid Tuo Ampang Gadang, Cagar Budaya yang Terancam Ambruk
Masjid Istiqamah adalah masjid tertua di Kota Sawahlunto, Sumatra Barat (Sumbar). Masjid ini dibangun pada akhir abad ke-19.
Masjid Istiqamah, Masjid Tertua di Sawahlunto
Godang Sungai Naniang berlokasi di Jorong Batu Balabuah, Nagari Sungai Naniang, Kecamatan Bukit Barisan, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat. Masjid ini berdiri sejak 1915.
Masjid Godang Sungai Naniang, Berusia Seabad Lebih dan Masih Kokoh