Abdul Ghafur Tengku Idris

Abdul Ghafur

Abdul Ghafur. [Istimewa]

Abdul Ghafur Lahir di Halmahera, Maluku Utara. Ia seorang dokter lulusan Universitas Indonesia. Karier pekerjaannya pernah bekerja di rumah sakit Angkatan Malang, dokter AURI, pernah bekerja sebagai dokter di RSAU Surabaya, kemudian menjadi anggota DPR RI dari fraksi TNI, juga anggota MPR (1972-2004).

Juga menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (1983-1988), anggota DPA RI (1988-1997). Setelah lulus SMA, ia kemudian kuliah di Fakultas kedokteran Universitas Indonesia (selesai 1966). Abdul Ghafur juga menulis buku, Soeharto, Pandangan dan Harapannya (1988). Empat tahun kemudian, ia menerbitkan Siti Hartina, Ibu Utama Indonesia (1992).

Abdul Ghafur juga pernah menjadi Pemimpin Umum Harian Pelita yang terbit di Jakarta pada Mei 1988. Karier profesional Abdul Ghafur sebagai pengelola lembaga sosial dimulai dari Program MT Dompet Dhuafa Republika tahun 2005.

Ghafur menjadi peserta MT yang dinamai Zakat Eksekutif Development Program. Kemudian Ghafur ditunjuk sebagai Kepala Fundraising Komunitas, Kepala Fundraising Corporate, Kepala Fundraising Retail dan Banking Channel, Pimpinan Cabang Hong Kong yang bertugas membentuk aliansi strategis, kelembagaan, fundraising serta program ekonomi, sosial pemberdayaan dan kesehatan.

Sejak sekolah di Halmahera, Maluku Utara, Abdul Ghafur senang bersosialisasi. Dia aktifis IPPI di Ternate dan ketua umum pelajar SMA 3B. Ketika kuliah, ia menjadi anggota HMI, wakil Ketua Dewan Mahasiswa UI, Ketua Presidium KMI UI, wakil kordinator pemuda Golkar, wakil Presiden Majelis Pemuda se-Dunia/ wakil Presiden Dewan pemuda Asia. Pernah menjadi Ketua KNPI, Ketua DPP partai Golkar, Ketua umum Jamiyatul muslimin Indonesia, dan lain-lain.

---

Sumber:
Kamus Sejarah Indonesia, Jilid II, Nation Building (1951-1998), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Baca Juga

Adam Malik adalah seorang politikus, diplomat, dan wartawan Indonesia. Ia merupakan Wakil Presiden Indonesia ke-3 (23 Maret 1978 – 11 Maret 1983)
Adam Malik, Tokoh Diplomat Indonesia
Achmad Soebardjo adalah seorang diplomat dan pejuang kemerdekaan Indonesia. Ia menjabat sebagai Menteri Luar Negeri (2 September 1945–14 November 1945) dalam Kabinet Presidensial, kabinet Indonesia yang pertama.
Achmad Soebardjo, Menteri Luar Negeri Indonesia Pertama
Abdoel Raoef Soehoed adalah seorang teknokrat Indonesia. Ia menjabat Menteri Perindustrian pada Kabinet Pembangunan III (28 Maret 1978–19 Maret 1983) semasa pemerintahan Presiden Soeharto. 
Abdoel Raoef Soehoed, Urang Awak di Balik Proyek Asahan
Abdul Muis adalah seorang wartawan, sastrawan, dan pejuang kemerdekaan Indonesia. Ia merupakan pengurus besar Sarekat Islam (SI) dan pernah menjadi anggota Volksraad mewakili organisasi tersebut.
Abdul Muis, Berjuang di Politik Demi Kemerdekaan Indonesia
K.H. Abdul Ghofur adalah pengasuh Pondok Pesantren Sunan Drajat di Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. K.H. Abdul Ghofur merupakan keturunan ke-14 dari Sunan Drajat dan tokoh Nahdlatul Ulama (NU).
K.H. Abdul Ghofur, Pengasuh Pondok Pesantren Sunan Drajat
Abdoel Gaffar Pringgodigdo
Abdoel Gaffar Pringgodigdo