Festival Pusako Hadirkan Representasi Ruang dan Komunitas

Festival Pusako menghadirkan representasi banyaknya ruang dan komunitas di Sumbar

Festival Pusako 2023. [Foto: Ist.]

Suluah.com – Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2023 menyambangi Sumatera Barat (Sumbar) melalui Festival Pusako yang akan berlangsung di Fabriek Bloc, Kota Padang pada 11-15 Oktober 2023 mendatang.

Direktur Artistik Festival Pusako Mahatma Muhammad mengatakan, festival ini berupaya meninjau kembali makna dan praktik pusako, khususnya dalam tradisi Minangkabau

"Bukan hanya tentang menggambarkan masa lalu semata, melainkan memantik dan merumuskan kesadaran baru yang relevan sesuai perkembangan zaman," ujarnya.

Festival Pusako, sebut Mahatma, diharapkan dapat memunculkan kesadaran merawat, mengembangkan, dan memperkaya nilai-nilai warisan budaya yang menjadi milik bersama.

“Kerja bersama sebagai wujud warih nan bajawek, pusako nan ditolong. Jangan sampai hilang pusako dek pancarian,” tuturnya.

Festival Pusako menghadirkan representasi banyaknya ruang dan komunitas di Sumbar. Tim kurator terdiri atas lima penggerak dengan fokus yang berbeda. Mereka yakni Rijal Tanmenan, Harista Wijaya, Angelique Maria Cuaca, Akbar Nicholas, dan Yusuf Fadly Aser.

"Melalui festival ini, kita bisa melihat sebagian aspek yang terdapat dalam kehidupan manusia Sumbar: atraksi budaya, literasi (mencakup arsip dan film), gastronomi (seni menyiapkan hidangan), musik, dan seni rupa," jelas Mahatma.

Baca juga: Festival Pusako 2023 Bentangkan Pameran dan Diskusi Gastronomi Sumbar

Dalam rangkaian kegiatan yang berlangsung dari Rabu (11/10/2023) hingga Minggu (15/10/2023), ditampilkan berbagai atraksi kebudayaan dari keberagaman etnik di Sumbar.

Selain itu, pengunjung dapat menikmati pameran seni rupa baik instalasi maupun lukisan, ruang berkesenian khalayak umum, pameran foto esai, kelas memasak, pemutaran dan diskusi film, lapak baca, pertunjukan musik, dan rangkaian kegiatan lainnya. [den]

Baca Juga

Sejarawan Novelia Musda menyebut kemungkinan pengaruh Portugis dalam kuliner Minang dilandasi fakta bahwa bangsa Portugis sudah mencapai pedalaman Minangkabau pada abad ke-16
Sejarawan Novelia Musda Urai Kemungkinan Pengaruh Portugis dalam Rendang di Festival Pusako
Festival Pusako 2023 menelesik potensi keberagaman musik Sumbar
Festival Pusako 2023 Sigi Potensi Keberagaman Musik Sumbar
Rangkaian kegiatan hari perdana Festival Pusako 2023 menampilkan pemeran foto esai dan diskusi mengenai gastronomi Sumatera Barat
Festival Pusako 2023 Bentangkan Pameran dan Diskusi Gastronomi Sumbar
Naramajas, Grup Musik asal Padang Merilis Single Terbaru “Cappucino”
Naramajas, Grup Musik asal Padang Merilis Single Terbaru “Cappucino”
Buni-Bunian #2: Menggugah Inklusivitas Seniman
Buni-Bunian #2: Menggugah Inklusivitas Seniman
FUSA UIN Imam Bonjol dan Pelita Padang Teken MoU Riset dan Program Lintas Iman di Sumbar
FUSA UIN Imam Bonjol dan Pelita Padang Teken MoU Riset dan Program Lintas Iman di Sumbar