Wisuda Universitas Adzkia XVI, Rektor: 98% Lulusan Terserap di Sektor Pendidikan

Irwan Prayitno menyebut Universitas Adzkia sejak berstatus STKIP telah melahirkan lulusan yang banyak terserap bekerja di sektor pendidikan

Rektor Universitas Adzkia Irwan Prayitno. [Foto: Ist.]

Suluah.com – Universitas Adzkia mewisuda sebanyak 164 lulusannya dari lima program studi (prodi) kependidikan dalam Wisuda XVI di Gedung Adzkia Convention Center, Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar) pada Sabtu (26/11/2022).

Kelima prodi tersebut yakni Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Fisika, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Pendidikan Matematika.

Rektor Universitas Adzkia Irwan Prayitno dalam sambutannya mendorong para wisudawan untuk berkiprah di tengah masyarakat.

“Selamat atas capaian para wisudawan. Semoga ananda bisa mengamalkan ilmu yang didapat sehingga menjadi amal kebaikan. Berkiprahlah untuk masyarakat," ujar Irwan Prayitno.

Mantan Gubernur Sumbar dua periode sekaligus pendiri Yayasan Adzkia ini menyebut, Universitas Adzkia sejak masih berstatus Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) telah melahirkan lulusan yang banyak terserap bekerja di sektor pendidikan. Mereka umumnya menjadi guru di TK dan SD Islam Terpadu (IT).

"98% tamatan prodi PGPAUD dan PGSD diterima bekerja sebagai guru. Bahkan, sebelum tamat, para mahasiswanya sudah di-booking dan diminta oleh sekolah-sekolah untuk menjadi guru," sambungnya.

Menurut Irwan Prayitno, tingginya serapan lulusan tersebut sejalan dengan meningkatnya kebutuhan tenaga guru TK dan SD IT.

"Beberapa alumni Universitas Adzkia juga ada yang membuat sekolah. Seperti di Sijunjung, ada SD IT di sana. Itu suatu produk alumni kita. Kami sebagai rektor dan pimpinan mengharapkan alumni yang ada saat ini berkiprah banyak untuk masyarakat," tuturnya.

Meski demikian, Irwan Prayitno mengingatkan agar para wisudawan tidak pernah berhenti menimba ilmu, melainkan terus menggali potensi dan meningkatkan kompetensi diri.

Ia mencontohkan, salah seorang alumni Universitas Adzkia yakni Nada Rahmatika yang menyelesaikan S-2 di Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia dalam tiga semester.

"Tidak hanya menjadi lulusan tercepat, Nada Rahmatika juga mendapat penghargaan sebagai mahasiswa internasional terbaik karena meraih IPK cum laude 3,98 dan aktif dalam berbagai progran kampus," jelas Irwan Prayitno.

Saat ini, Universitas Adzkia memiliki 13 prodi. Selain lima prodi kependidikan, terdapat delapan prodi lainnya yakni Sistem Informasi, Informatika, Teknik Industri, Manajemen Ritel, Wirausaha, Agribisnis, dan Gizi. [den]

Baca Juga

Rinaldi pernah menjadi Sespri Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. Pada 2019, ia terpilih menjadi anggota DPRD Sumbar dari daerah pemilihan Agam dan Bukittinggi dari PKS.
Rinaldi, Dari Sespri Gubernur Hingga Jadi Anggota DPRD Sumbar
Irwan Prayitno menceritakan kisah saat memancing bersama Nasrul Abit. Ia menyebut Nasrul Abit dukun laut karena bisa memperkirakan cuaca.
Kenangan Irwan Prayinto Memancing Bersama Nasrul Abit
Kepala Bappeda Sumbar Hansastri terpilih menjadi Sekdaprov Sumbar yang baru. Putra Pasaman Barat ini merupakan ASN senior dan sarat prestasi.
Hansastri, Putra Pasaman Barat Jadi Sekdaprov Sumbar
Naramajas, Grup Musik asal Padang Merilis Single Terbaru “Cappucino”
Naramajas, Grup Musik asal Padang Merilis Single Terbaru “Cappucino”
Buni-Bunian #2: Menggugah Inklusivitas Seniman
Buni-Bunian #2: Menggugah Inklusivitas Seniman
FUSA UIN Imam Bonjol dan Pelita Padang Teken MoU Riset dan Program Lintas Iman di Sumbar
FUSA UIN Imam Bonjol dan Pelita Padang Teken MoU Riset dan Program Lintas Iman di Sumbar