Cerita Rizal Muslimin Merancang Desain Masjid Raya Sumbar

Rizal Muslimin adalah seorang arsitek Indonesia. Ia terkenal sebagai perancang desain Masjid Raya Sumatra Barat yang mendapat penghargaan Abdullatif Al Fozan Award 2021 untuk tujuh arsitektur masjid terbaik di dunia.

Rizal Muslimin. [Foto: Ist.]

Suluah.com – Rizal Muslimin adalah seorang arsitek Indonesia. Ia terkenal sebagai perancang desain Masjid Raya Sumatra Barat (Sumbar) yang menjadi salah satu tujuh arsitektur masjid terbaik di dunia pada ajang Abdullatif Al Fozan Award 2021.

Ia tergabung di Biro Arsitek Urbane saat merancang Masjid Raya Sumbar. Selain berprofesi sebagai arsitek, ia merupakan dosen Fakultas Arsitektur, Desain, dan Perencanaan Universitas Sydney.

Pendidikan

Rizal Muslimin meraih gelar sarjana teknik dari Universitas Katolik Parahyangan pada 1999. Setelah itu, ia melanjutkan studi magisternya di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan tamat pada 2002

Pada 2014, ia meraih gelar doktor dari Institut Teknologi Massachusetts (MIT) di Cambridge setelah menyelesaikan disertasi berjudul EthnoComputation: On Weaving Grammars for Architectural Design.

Mengutip laman resmi Universitas Sydney, Rizal Muslimin saat ini tercatat sebagai dosen di Fakultas Arsitektur, Desain, dan Perencanaan. Minat penelitiannya yakni di bidang desain dan komputasi.

Gagasan Arsitektur Rizal Muslimin

Menurut Rizal Muslimin, perkembangan arsitektur saat ini tidak harus meninggalkan arsitektur tradisional agar sesuai dengan kebutuhan. Ia memiliki gagasan bagaimana mengaplikasikan teknik yang ada pada seni dan kerajinan tradisional pada perancangan bangunan.

Dalam sebuah presentasinya di YouTube, ia mendemonstrasikan aplikasi teknik menganyam dan menenun untuk konstruksi bangunan.

Karya Rizal Muslimin yang paling menonjol adalah Masjid Raya Sumbar. Bentuknya menampilkan gonjong yang merupakan atap rumah gadang, rumah adat tradisional Minangkabau, tetapi disesuaikan dengan kebutuhan geometri ruang ibadah yang berdenah bujur sangkar.

Ia menceritakan, desain Masjid Raya Sumbar hasil rancangannya merupakan hasil eksplorasi terhadap elemen-elemen arsitektur Minangkabau. Ia mengaku begitu menyukai bentuk rumah gadang.

“Dari hal yang disukai, akan muncul hal- hal yang baik... Jadi elemen-elemen yang muncul dalam desain [Masjid Raya Sumbar] merupakan hal-hal yang sudah lama saya apresiasi,” katanya. [den]

Baca Juga

Friedrich Silaban adalah seorang arsitek ternama Indonesia. Ia terkenal lewat karyanya selama era pemerintahan Sukarno, seperti Masjid Istiqlal, Gelora Bung Karno, dan Monumen Pembebasan Irian Barat.
Friedrich Silaban, Arsitek Masjid Istiqlal Kesayangan Bung Karno
Fauziah Fauzan El Muhammady adalah seorang guru yang sejak 2003 memimpin perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang.
Fauziah Fauzan El Muhammady, Pemimpin Diniyyah Puteri
Abdul Hamid Hakim adalah seorang ulama bidang fikih dan pemimpin Thawalib Padang Panjang.
Abdul Hamid Hakim, Ulama Ahli Fikih dan Pemimpin Thawalib Padang Panjang
Idrus Hakimy Dt. Rajo Pangulu adalah seorang ulama dan ahli adat Minangkabau
Idrus Hakimy Dt. Rajo Pangulu, Ulama dan Ahli Adat Minangkabau
Abdul Latif Syakur adalah seorang ulama ahli tafsir yang berkiprah dalam pemajuan pendidikan perempuan dan pers. Ia membidani lahirnya majalah Islam umum, Pewarta Islam, dan majalah Islam khusus perempuan, Djauharah.
Abdul Latif Syakur, Ulama Ahli Tafsir dan Kiprahnya Memajukan Pendidikan Perempuan
Ahmad Yakub Datuk Simarajo adalah seorang ahli adat Minangkabau dan pejuang kemerdekaan Indonesia. Ia merupakan pendiri sekaligus pemimpin Majelis Tinggi Kerapatan Adat Alam Minangkabau (MTKAAM),
Perjuangan Datuk Simarajo, Ahli Adat Minangkabau Untuk Kemerdekaan