Sobhan Lubis, Ketua Pengurus Masjid Raya Sumbar

Sobhan Lubis adalah seorang dosen UIN Imam Bonjol Padang. Ia menjabat sebagai Ketua Pengurus Masjid Raya Sumatra Barat.

Sobhan Lubis. [Foto: Ist]

Suluah.com – Sobhan Lubis adalah seorang dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Ia menjabat sebagai Ketua Pengurus Masjid Raya Sumatra Barat (Sumbar) terhitung sejak 24 Juni 2020.

Sebelumnya, Sobhan Lubis menjabat sebagai Dekan Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang (8 Januari 2020–16 September 2021). Ia aktif di organisasi keagamaan Muhammadiyah.

Kehidupan Awal

Sobhan Lubis lahir pada tanggal 18 Juni 1960 di Jorong Pegambiran, Nagari Parik, Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar. Tamat SD pada 1972, ia masuk ke Madrasah Tsanawyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) Muhammadiyah di Silaping.

Pada 1985, ia meraih gelar sarjana muda (BA) dari Fakultas Syariah Universitas Muhammadryah Sumbar (UMSB). Setelah itu, ia melanjutkan studi S-1 di Jurusan Hadis Fakultas Syariah IAIN (kini UIN) Imam Bonjol Padang dan tamat pada 1988.

Pada 1995, ia menerima beasiswa untuk melanjutkan Program Pascasarjana (S-2) di Maroko. Ia meraih gelar magister konsentrasi Al-Quran dan hadis pada 1997.

Karier Akademik

Sobhan Lubis mengawali kariernya sebagai asisten dosen di Fakultas Syariah IAIN Imam Bonjol Padang pada 1989. Ia diangkat menjadi dosen tetap mata kuliah tafsir pada 1991.

Selain mengajar, ia pernah dipercaya sebagai Ketua Program Studi (Prodi) Hukum Keluarga Islam (2000–2004). Pada 2002, ia diangkat menjadi Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Umar Bin Khattab, Ujung Gading, Pasaman Barat.

Di luar akademik, ia aktif di organisasi keagamaan Muhammadiyah. Ia pernah menjadi Sekretaris Majelis Tarjih Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumbar (1990–1995) dan Ketua Majelis Tarjih dan Pengembangan Pemikiran Islam (PPI) Muhammadiyah Kota Padang (2000–2005).

Selain itu, ia juga pernah menjadi Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumbar pada masa kepemimpinan Gusrizal Gazahar (2015–2020).

Terhitung sejak 24 Juni 2020, ia menjadi Ketua Pengurus Masjid Raya Sumatra Barat (Sumbar) menggantikan Pelaksana Tugas Syaifullah. [den]

Baca Juga

Zukri Saad adalah aktivis Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Indonesia yang berkiprah dalam gerakan masyarakat sipil di Sumatra Barat
Zukri Saad, Tokoh Gerakan Masyarakat Sipil Sumatra Barat
Erlina Burhan adalah seorang dokter spesialis paru Indonesia yang berpraktik di dua lokasi di Jakarta, yakni di RS Islam Jakarta Cempaka Putih dan RS YARSI
Erlina Burhan, Berkiprah Eliminasi TB hingga Penanganan Pandemi Covid-19
Kamardi Thalut berkiprah memajukan bagian bedah sekaligus menjadi guru besar untuk bidang tersebut di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.
Kamardi Thalut, Dokter Bedah Berdedikasi
Djamaluddin Tamim adalah seorang wartawan dan pejuang kemerdekaan Indonesia yang memimpin Partai Komunis Indonesia di Sumatra Barat pada dekade 1920-an
Djamaluddin Tamim, Berjuang untuk Indonesia Merdeka Meski Bolak-Balik Penjara
Yulizal Yunus adalah seorang filolog dan akademisi bidang sastra Arab. Topik penelitiannya mencakup biografi dan karya ulama Minangkabau.
Yulizal Yunus, Mengkaji Khazanah Keilmuan Ulama Minangkabau Lewat Manuskrip
Zubaidah Djohar adalah seorang penyair dan aktivis kemanusiaan Indonesia
Zubaidah Djohar dan Kerja Kemanusiaannya Bagi Korban Konflik