Sobhan Lubis, Ketua Pengurus Masjid Raya Sumbar

Sobhan Lubis adalah seorang dosen UIN Imam Bonjol Padang. Ia menjabat sebagai Ketua Pengurus Masjid Raya Sumatra Barat.

Sobhan Lubis. [Foto: Ist]

Suluah.com – Sobhan Lubis adalah seorang dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Ia menjabat sebagai Ketua Pengurus Masjid Raya Sumatra Barat (Sumbar) terhitung sejak 24 Juni 2020.

Sebelumnya, Sobhan Lubis menjabat sebagai Dekan Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang (8 Januari 2020–16 September 2021). Ia aktif di organisasi keagamaan Muhammadiyah.

Kehidupan Awal

Sobhan Lubis lahir pada tanggal 18 Juni 1960 di Jorong Pegambiran, Nagari Parik, Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar. Tamat SD pada 1972, ia masuk ke Madrasah Tsanawyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) Muhammadiyah di Silaping.

Pada 1985, ia meraih gelar sarjana muda (BA) dari Fakultas Syariah Universitas Muhammadryah Sumbar (UMSB). Setelah itu, ia melanjutkan studi S-1 di Jurusan Hadis Fakultas Syariah IAIN (kini UIN) Imam Bonjol Padang dan tamat pada 1988.

Pada 1995, ia menerima beasiswa untuk melanjutkan Program Pascasarjana (S-2) di Maroko. Ia meraih gelar magister konsentrasi Al-Quran dan hadis pada 1997.

Karier Akademik

Sobhan Lubis mengawali kariernya sebagai asisten dosen di Fakultas Syariah IAIN Imam Bonjol Padang pada 1989. Ia diangkat menjadi dosen tetap mata kuliah tafsir pada 1991.

Selain mengajar, ia pernah dipercaya sebagai Ketua Program Studi (Prodi) Hukum Keluarga Islam (2000–2004). Pada 2002, ia diangkat menjadi Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Umar Bin Khattab, Ujung Gading, Pasaman Barat.

Di luar akademik, ia aktif di organisasi keagamaan Muhammadiyah. Ia pernah menjadi Sekretaris Majelis Tarjih Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumbar (1990–1995) dan Ketua Majelis Tarjih dan Pengembangan Pemikiran Islam (PPI) Muhammadiyah Kota Padang (2000–2005).

Selain itu, ia juga pernah menjadi Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumbar pada masa kepemimpinan Gusrizal Gazahar (2015–2020).

Terhitung sejak 24 Juni 2020, ia menjadi Ketua Pengurus Masjid Raya Sumatra Barat (Sumbar) menggantikan Pelaksana Tugas Syaifullah. [den]

Baca Juga

Ahmad Khatib Datuk Batuah adalah seorang guru agama dan aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ia merupakan tokoh Partai Komunis Indonesia (PKI) terkemuka di Sumatra Barat pada awal abad ke-20.
Ahmad Khatib Datuk Batuah, Dari Sarekat Islam ke PKI
Fauziah Fauzan El Muhammady adalah seorang guru yang sejak 2003 memimpin perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang.
Fauziah Fauzan El Muhammady, Pemimpin Diniyyah Puteri
Abdul Hamid Hakim adalah seorang ulama bidang fikih dan pemimpin Thawalib Padang Panjang.
Abdul Hamid Hakim, Ulama Ahli Fikih dan Pemimpin Thawalib Padang Panjang
Idrus Hakimy Dt. Rajo Pangulu adalah seorang ulama dan ahli adat Minangkabau
Idrus Hakimy Dt. Rajo Pangulu, Ulama dan Ahli Adat Minangkabau
Abdul Latif Syakur adalah seorang ulama ahli tafsir yang berkiprah dalam pemajuan pendidikan perempuan dan pers. Ia membidani lahirnya majalah Islam umum, Pewarta Islam, dan majalah Islam khusus perempuan, Djauharah.
Abdul Latif Syakur, Ulama Ahli Tafsir dan Kiprahnya Memajukan Pendidikan Perempuan
Ahmad Yakub Datuk Simarajo adalah seorang ahli adat Minangkabau dan pejuang kemerdekaan Indonesia. Ia merupakan pendiri sekaligus pemimpin Majelis Tinggi Kerapatan Adat Alam Minangkabau (MTKAAM),
Perjuangan Datuk Simarajo, Ahli Adat Minangkabau Untuk Kemerdekaan