Jokowi Sebut Sumbar Provinsi Padang, Netizen Bereaksi

Jokowi keliru menyebut nama Provinsi Sumbar menjadi Provinsi Padang viral di sejumlah media sosial. Netizen ramai memberikan komentar.

Jokowi keliru menyebut nama Provinsi Sumbar menjadi Provinsi Padang. [Foto: Istimewa]

Suluah.com – Insiden salah ucap Presiden Jokowi tentang nama provinsi Sumatra Barat (Sumbar) membuat heboh. Dikutip dari CNN Indonesia, Jokowi keliru menyebut Provinsi Sumbar menjadi Provinsi Padang.

Kesalahan itu terjadi saat Jokowi melakukan kunjungan untuk meninjau pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra untuk ruas Pekanbaru-Padang, Seksi Pekanbaru-Bangkinang, Kota Pekanbaru pada Rabu (19/5).

Insiden salah ucap Jokowi soal Provinsi Padang viral di sejumlah media sosial. Salah satunya di akun Instagram @infosumbar. Di sana, potongan video Jokowi ketika menyebut Provinsi Padang telah ditonton lebih dari 25.000 kali dan mendapat 500 komentar.

Wacana soal Provinsi Padang menuai beragam reaksi dari netizen. Ada yang memberikan komentar dengan nada bercanda dan ada pula dengan nada sinis.

Netizen dengan akun @tsenoda memberikan komentar dengan menanyakan apa nama ibu kota Provinsi Padang.

"eehhhh... lah jd provinsi padang kini? ibukota ee? taplau, jati, siteba, ?" tulis akun @tsenoda.

Selanjutnya, ada akun @fahrian_azandy yang mengucapkan selamat atas lahirnya Provinsi Padang.

"Selamat padang, akhir nya padang jd propinsi." tulis @fahrian_azandy.

Ada pula netizen yang memberikan komentar bernada sarkas.

"Alhamdulillah padang udh jadi provinsi dan ibukotanya sumatera barat" tulis @ririkemalaasari.

Selain itu, ada yang mengatikan nama Provinsi Padang dengan wacana pergantian nama Provinsi Sumbar menjadi Provinsi Daerah Istimewa Minangkabau (DIM).

"jadi juo prov wak diganti namonyo.. tp ndk DIM doh.. Prov Padang," tulis akun @mahfuziafnil.

Respons Istana soal Provinsi Padang

Video asli Jokowi saat meninjau pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra ruas Pekanbaru-Padang, Seksi Pekanbaru-Bangkinang, Kota Pekanbaru bisa kita saksikan di akun Sekretariat Presiden.

"Baik di Provinsi Riau dan di Provinsi Padang, nantinya akan memiliki daya saing yang baik terutama dalam rangka bersaing dengan produk-produk dari negara-negara lain," kata Jokowi.

Viralnya topik soal Provinsi Padang membuat pihak Istana bersuara.

Baca juga:  Gedung BPPI Padang: Cermin Kecerdikan Orang Minang

Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan bahwa Padang yang Jokowi maksud sebenarnya adalah ibu kota Provinsi Sumbar.

"Itu saat meninjau tol tadi. Bahwa tol tersebut dari Pekanbaru akan terus menuju Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Maksudnya itu," kata Heru. [den]

 

Baca Juga

Hasil Survei Indikator Politik Indonesia baru-baru ini menunjukkan hampir 100% masyarakat Minang tidak puas terhadap kinerja Jokowi.
Survei Terbaru: Hampir Semua Masyarakat Minang Tak Puas Kinerja Jokowi
Bersih dan nyaman, demikian fasilitas ibadah yang ingin dihadirkan oleh pengurus Masjid Jamik Nurul Huda di Kelurahan Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang.
Beribadah di Masjid Jamik Nurul Huda Padang Panjang yang Bersih dan Nyaman
Rinaldi pernah menjadi Sespri Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. Pada 2019, ia terpilih menjadi anggota DPRD Sumbar dari daerah pemilihan Agam dan Bukittinggi dari PKS.
Rinaldi, Dari Sespri Gubernur Hingga Jadi Anggota DPRD Sumbar
Gempa berkekuatan magnitudo 5,2 mengguncang Kabupaten Agam, Sumatra Barat pada Minggu (12/9/2021) sore pukul 16:02 WIB. Berikut laporan BMKG.
Penjelasan BMKG Soal Gempa 5,2 M yang Guncang Kabupaten Agam
Statistik tahun 2020 menunjukkan Kota Padang menyumbang lebih dari seperempat Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Sumatra Barat.
Kota Padang dalam Statistik Sumbar Tahun 2020
Sejumlah sektor pelayanan publik Pemerintah Kota Padang sudah menerapkan layanan secara digital. Apa saja layanan berbasis digital di Padang?
Layanan Digital Mudahkan Urusan Warga Kota Padang