Perjalanan Karier Vanny Vabiola

Vanny Vabiola adalah penyanyi lagu-lagu Minang dan pop lawas asal Sumatra Barat.

Vanny Vabiola. [Foto: Ist.]

Suluah.com – Vanny Vabiola adalah penyanyi lagu-lagu Minang dan pop lawas asal Sumatra Barat (Sumbar). Ia telah merilis sedikitnya 20 album yang beberapa di antaranya telah memiliki video klip di kanal YouTube pribadinya bernama Vanny Vabiola Decky Ryan.

Namanya menjadi sorotan masyarakat setelah ia menyanyikan ulang lagu (cover) Celine Dion berjudul The Power of Love. Video cover lagu tersebut telah 6,6 juta kali tayang di YouTube.

Kehidupan Awal

Vanny Vabiola lahir pada 3 Juli 1986 di Kota Padang, Sumbar. Dunia tarik suara tak asing bagi Vanny Vabiola sejak masih kanak-kanak. Ia sudah bisa menyanyikan lagu dari berbagai genre ketika masih duduk di bangku TK.

Ia belajar bernyanyi dari ibunya yang juga gemar olah vokal. Ia diajarkan bernyanyi dengan vibra sehingga enak didengar

Selain bernyanyi, Vanny juga punya bakat dalam membaca Al-Quran. Saat masih remaja, Vanny pernah menjadi kafilah Sumbar untuk Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional tahun 2000 di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Naik Daun

Nama Vanny Vabiola di dunia blantika musik Tanah Air melejit setelah ia menyanyikan ulang lagu milik Celine Dion berjudul The Power of Love. Video cover lagu tersebut ia unggah di kanal YouTubenya dan menuai sambutan hangat dari para penikmat musik.

Hingga Maret 2022, video cover lagu Celine Dion berjudul The Power of Love telah ditonton lebih dari 6,6 juta kali. Banyak yang memuji teknik suara tinggi falsetto atau suara kepala yang dimiliki Vanny.

Tak banyak penyanyi yang bisa bernyanyi dengan teknik tersebut. Hanya beberapa penyanyi dalam negeri yang bisa dengan baik menggunakan teknik tersebut, seperti Aning Katamsi, Isyana dan Gita Gutawa.

Selain Power of Love, ada beberapa lagu yang Vanny Vabiola nyanyikan ulang, seperti I Will Always Love You dan When You Tell Me That You Love Me.

Vanny Vabiola juga menyanyikan lagu-lagu milik sendiri yang merupakan ciptaan suaminya, Decky Ryan. Nama sang suami memang selalu muncul di keterangan video-video unggahannya. [den]

Baca Juga

Asvi Warman Adam adalah sejarawan kontemporer Indonesia yang menjadi peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sejak 1983.
Asvi Warman Adam, Menguak Kabut Sejarah
Ahmad Khatib Datuk Batuah adalah seorang guru agama dan aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ia merupakan tokoh Partai Komunis Indonesia (PKI) terkemuka di Sumatra Barat pada awal abad ke-20.
Ahmad Khatib Datuk Batuah, Dari Sarekat Islam ke PKI
Fauziah Fauzan El Muhammady adalah seorang guru yang sejak 2003 memimpin perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang.
Fauziah Fauzan El Muhammady, Pemimpin Diniyyah Puteri
Abdul Hamid Hakim adalah seorang ulama bidang fikih dan pemimpin Thawalib Padang Panjang.
Abdul Hamid Hakim, Ulama Ahli Fikih dan Pemimpin Thawalib Padang Panjang
Idrus Hakimy Dt. Rajo Pangulu adalah seorang ulama dan ahli adat Minangkabau
Idrus Hakimy Dt. Rajo Pangulu, Ulama dan Ahli Adat Minangkabau
Abdul Latif Syakur adalah seorang ulama ahli tafsir yang berkiprah dalam pemajuan pendidikan perempuan dan pers. Ia membidani lahirnya majalah Islam umum, Pewarta Islam, dan majalah Islam khusus perempuan, Djauharah.
Abdul Latif Syakur, Ulama Ahli Tafsir dan Kiprahnya Memajukan Pendidikan Perempuan