Perjalanan Karier Vanny Vabiola

Vanny Vabiola adalah penyanyi lagu-lagu Minang dan pop lawas asal Sumatra Barat.

Vanny Vabiola. [Foto: Ist.]

Suluah.com – Vanny Vabiola adalah penyanyi lagu-lagu Minang dan pop lawas asal Sumatra Barat (Sumbar). Ia telah merilis sedikitnya 20 album yang beberapa di antaranya telah memiliki video klip di kanal YouTube pribadinya bernama Vanny Vabiola Decky Ryan.

Namanya menjadi sorotan masyarakat setelah ia menyanyikan ulang lagu (cover) Celine Dion berjudul The Power of Love. Video cover lagu tersebut telah 6,6 juta kali tayang di YouTube.

Kehidupan Awal

Vanny Vabiola lahir pada 3 Juli 1986 di Kota Padang, Sumbar. Dunia tarik suara tak asing bagi Vanny Vabiola sejak masih kanak-kanak. Ia sudah bisa menyanyikan lagu dari berbagai genre ketika masih duduk di bangku TK.

Ia belajar bernyanyi dari ibunya yang juga gemar olah vokal. Ia diajarkan bernyanyi dengan vibra sehingga enak didengar

Selain bernyanyi, Vanny juga punya bakat dalam membaca Al-Quran. Saat masih remaja, Vanny pernah menjadi kafilah Sumbar untuk Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional tahun 2000 di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Naik Daun

Nama Vanny Vabiola di dunia blantika musik Tanah Air melejit setelah ia menyanyikan ulang lagu milik Celine Dion berjudul The Power of Love. Video cover lagu tersebut ia unggah di kanal YouTubenya dan menuai sambutan hangat dari para penikmat musik.

Hingga Maret 2022, video cover lagu Celine Dion berjudul The Power of Love telah ditonton lebih dari 6,6 juta kali. Banyak yang memuji teknik suara tinggi falsetto atau suara kepala yang dimiliki Vanny.

Tak banyak penyanyi yang bisa bernyanyi dengan teknik tersebut. Hanya beberapa penyanyi dalam negeri yang bisa dengan baik menggunakan teknik tersebut, seperti Aning Katamsi, Isyana dan Gita Gutawa.

Selain Power of Love, ada beberapa lagu yang Vanny Vabiola nyanyikan ulang, seperti I Will Always Love You dan When You Tell Me That You Love Me.

Vanny Vabiola juga menyanyikan lagu-lagu milik sendiri yang merupakan ciptaan suaminya, Decky Ryan. Nama sang suami memang selalu muncul di keterangan video-video unggahannya. [den]

Baca Juga

Zukri Saad adalah aktivis Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Indonesia yang berkiprah dalam gerakan masyarakat sipil di Sumatra Barat
Zukri Saad, Tokoh Gerakan Masyarakat Sipil Sumatra Barat
Erlina Burhan adalah seorang dokter spesialis paru Indonesia yang berpraktik di dua lokasi di Jakarta, yakni di RS Islam Jakarta Cempaka Putih dan RS YARSI
Erlina Burhan, Berkiprah Eliminasi TB hingga Penanganan Pandemi Covid-19
Kamardi Thalut berkiprah memajukan bagian bedah sekaligus menjadi guru besar untuk bidang tersebut di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.
Kamardi Thalut, Dokter Bedah Berdedikasi
Djamaluddin Tamim adalah seorang wartawan dan pejuang kemerdekaan Indonesia yang memimpin Partai Komunis Indonesia di Sumatra Barat pada dekade 1920-an
Djamaluddin Tamim, Berjuang untuk Indonesia Merdeka Meski Bolak-Balik Penjara
Yulizal Yunus adalah seorang filolog dan akademisi bidang sastra Arab. Topik penelitiannya mencakup biografi dan karya ulama Minangkabau.
Yulizal Yunus, Mengkaji Khazanah Keilmuan Ulama Minangkabau Lewat Manuskrip
Zubaidah Djohar adalah seorang penyair dan aktivis kemanusiaan Indonesia
Zubaidah Djohar dan Kerja Kemanusiaannya Bagi Korban Konflik