Mengenal Nagari Pelangai di Kabupaten Pesisir Selatan

Nagari Pelangai di Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat memiliki luas 1.832 Ha. Nagari ini terdiri dari dua desa.

Peta Nagari Pelangai. [Foto: Istimewa]

Suluah.com – Nagari Pelangai terletak di Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat. Nagari ini berbatasan dengan Nagari Pelangai Gadang di utara, Nagari Sungai Tunu di selatan, Nagari Pelangai Kaciak di barat, dan Nagari Koto VIII Pelangai di timur.

Jarak dari kantor Wali Nagari Pelangai ke kantor Kecamatan Ranah Pesisir lebih kurang 500 meter, sedangkan jarak ke ibu kota kabupaten yakni Painan sekitar 81 km.

Geografi dan Demografi

Wilayah nagari ini terbentang seluas 1.832 Ha meliputi dua desa, yakni Koto Nan Ampek dan Air Batu.  Desa Air Batu terbagi lagi menjadi beberapa dusun yakni Dusun Baru, Lesung Air, Koto Kui, dan Puco Kayu.

Kondisi topografinya berada di kemiringan, ketinggian, morfologi dataran, wilayah pergunungan, dataran tinggi, dan dataran rendah. Nagari ini terlatak pada rata-rata ketinggian 200 meter di atas permukaan laut.

Saat ini, penduduk Nagari Pelangai berjumlah 2.398 jiwa, terdiri dari 1.151 laki-laki dan 1.247 perempuan. Ada sekitar 557 kepala keluarga, dan 11 aparat nagari, dan 1 unit lembaga perbedayaan masyarakat nagari di sini.

Hidrologi dan Klimatologi

Tata air di Nagari Pelangai terdiri dari air permukaan dan air tanah. Dengan demikian, nagari ini memiliki banyak sumber air seperti sungai dengan debit rata-rata 1.792 meter kubik per detik. Nagari ini juga memiliki bendungan irigasi dengan untuk meningkatkan produktivitas tani.

Suhu di nagari ini berkisar 27˚ hingga 30˚ C dan curah hujan 2000/3.000 mm, yang disertai kelembaban udara dan kecepatan angin.

Fasilitas

Nagari Nelangai memiliki dua lahan pertanian, yaitu sawah teoririgasi seluas 241 Ha dan sawah tadah hujan 78 Ha. Sementara itu, luas lahan pemukiman ialah berkisar 337,6 Ha.

Fasilitas pendidikan di nagari ini yakni SDN 01 Koto Nan Ampek,, SDN 02 Koto Nan Ampek, SDN 28 Koto Nan Ampek, SLB 01 Ranah Pesisir, dan SMAN 1 Ranah Pesisir. [yls]

Baca Juga

Sumur Ayek adalah sumur tua yang airnya tak pernah kering, bahkan saat musim kemarau sekalipun.
Melihat Sumur Ayek di Nagari Pelangai Kaciak, Pesisir Selatan
Melihat Masjid dan Surau Syekh Muhammad Jamil di Bayang yang Terabaikan
Melihat Masjid dan Surau Syekh Muhammad Jamil di Bayang yang Terabaikan
Kecamatan Ranah Pesisir merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan. Di kecamatan ini, terdapat 44 sekolah meliputi jenjang pendidikan dasar hingga menengah serta 2 perguruan tinggi.
SD Hingga Perguruan Tinggi di Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan
Holy Adib adalah seorang linguis Indonesia. Ia pernah berkarier sebagai wartawan di media massa lokal dan nasional sebelum akhirnya fokus menulis esai seputar bahasa.
Holy Adib, Sang Pendekar Bahasa Indonesia
Objek wisata Bukit Landai di Nagari Pelangai Gadang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat memiliki hamparan rumput ilalang yang eksotis.
Objek Wisata Bukit Landai Pesisir Selatan, Eksotis Bak Bukit Teletubbies
Refa Rahmaddiansyah adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yang memenangkan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional 2021.
Refa Rahmaddiansyah, Pemenang Mahasiswa Berprestasi Nasinonal 2021