Refa Rahmaddiansyah, Pemenang Mahasiswa Berprestasi Nasinonal 2021

Refa Rahmaddiansyah adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yang memenangkan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional 2021.

Refa Rahmaddiansyah.

Suluah.com – Mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Andalas (Unand) Refa Rahmaddiansyah menyabet gelar juara pertama kategori sarjana Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Nasional 2021 yang berlangsung pada Selasa hingga Kamis (7–9/9/2021).

Alumni SMA Negeri 3 Painan, Pesisir Selatan ini mencatatkan sejarah sebagai mahasiswa Unand pertama yang berhasil memenangkan ajang Pilmapres Nasional. Berikut profilnya

Profil Refa Rahmaddiansyah

Refa Rahmaddiansyah lahir pada 10 Juli 2000 di Batang Kapas, Pesisir Selatan, Sumatra Barat. Ia merupakan mahasiswa FK Unand tahun 2018. Selama berkuliah, ia aktif mengikuti kegiatan dan kompetisi ilmiah baik nasional maupun internasional. Ia juga aktif di organisasi dengan menjadi Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Medical Student Research Centre.

Pada 2020, ia mengikuti kegiatan ekshibisi riset World Invention Competition and Exhibition (WICE) yang diselenggarakan oleh Segi College Subang Jaya, Malaysia. Di ajang tersebut, ia berhasil meraih medali emas atas inovasinya membuat produk simbiotik yang dapat memperbaiki keseimbangan mikrobiota usus dan meningkatkan imunitas.

Pada tahun yang sama, ia juga meraih emas pada ajang World Invention and Creativity Olympic (WICO) yang diselenggarakan Korea University Invention Association. Ia mempresentasikan penelitiannya tentang pemanfaatan bawang merah dan bakteri baik sebagai terapi pada pasien gizi buruk untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

Prestasi yang ia raih membuktikan bahwa mahasiswa dapat melewati masa pandemi Covid-19 dengan terus berprestasi dan melahirkan karya yang inovatif untuk dapat bermanfaat, khususnya bagi dunia kesehatan.

Mahasiswa Berprestasi

Pada Juni 2021, Refa Rahmaddiansyah terpilih menjadi mahasiswa berprestasi Unand. Atas prestasi tersebut, ia selanjutnya mewakili Unand untuk ajang Pilmapres Nasional 2021.

Dalam Pilmapres Nasional 2021, ada sebanyak 30 mahasiswa yang berhasil lolos. Tiga puluh mahasiswa itu terbagi menjadi dua jenjang, yaitu sarjana dan diploma masing-masing 15 orang.

Meskipun penyelenggaraan Pilmapres berlangsung secara daring, hal tersebut tidak menyurutkan semangat Refa untuk berkompetisi.

Baca juga: Dokter Azzaky, Tokoh Muda Inspiratif Kebanggan Klaten

Setelah melalui berbagai penilaian oleh dewan juri, Refa Rahmaddiansyah akhirnya terpilih sebagai juara pertama kategori sarjana.

Refa Rahmaddiansyah menorehkan tinta emas dalam sejarah Unand sebagai mahasiswa Unand pertama yang berhasil memenangkan ajang Pilmapres Nasional. [den]

Baca Juga

Sumur Ayek adalah sumur tua yang airnya tak pernah kering, bahkan saat musim kemarau sekalipun.
Melihat Sumur Ayek di Nagari Pelangai Kaciak, Pesisir Selatan
Melihat Masjid dan Surau Syekh Muhammad Jamil di Bayang yang Terabaikan
Melihat Masjid dan Surau Syekh Muhammad Jamil di Bayang yang Terabaikan
Kecamatan Ranah Pesisir merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan. Di kecamatan ini, terdapat 44 sekolah meliputi jenjang pendidikan dasar hingga menengah serta 2 perguruan tinggi.
SD Hingga Perguruan Tinggi di Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan
Holy Adib adalah seorang linguis Indonesia. Ia pernah berkarier sebagai wartawan di media massa lokal dan nasional sebelum akhirnya fokus menulis esai seputar bahasa.
Holy Adib, Sang Pendekar Bahasa Indonesia
Nagari Pelangai di Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat memiliki luas 1.832 Ha. Nagari ini terdiri dari dua desa.
Mengenal Nagari Pelangai di Kabupaten Pesisir Selatan
Objek wisata Bukit Landai di Nagari Pelangai Gadang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat memiliki hamparan rumput ilalang yang eksotis.
Objek Wisata Bukit Landai Pesisir Selatan, Eksotis Bak Bukit Teletubbies