Dokter Azzaky, Tokoh Muda Inspiratif Kebanggan Klaten

dr. Azzaky adalah dokter yang bertugas di RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten. Ia didapuk sebagai Tokoh Inspirasi di Tengah Pandemi Covid-19.

dr. Azzaky, Sp.PD, FINASIM. [Foto: Istimewa]

Suluah.com – dr. Azzaky, Sp.PD, FINASIM adalah seorang dokter ahli penyakit dalam yang saat ini bertugas di RSUP Soeradji Tirtonegoro, Klaten. Baru baru ini, ia mendapat penghargaan Yayasan Bangun Sehat Indonesia (YBSI) Award sebagai Tokoh Inspiratif di Tengah Pandemi Covid-19.

Azzaky lahir di Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar) pada 20 Desember 1985. Ia merupakan anak tunggal di keluarganya. Ayahnya bernama Dr. Amrizal Arief, M.Kes dan ibunya bernama Dra. Zikra, M.Pd, Kons.

Orang tua Azzaky merupakan dosen PNS di Kota Padang. Sang ayah mengajar di Universitas Baiturrahmah dan sang ibu di Universitas Negeri Padang.

Azzaky, sapaan dokter muda ini, mengenyam pendidikan sekolah dasar hingga SMA di Padang. Ia merupakan alumni SD Pertiwi 3 Padang, SLTP Negeri 1 Padang, dan SMU Negeri 1 Padang.

Pada 2003, ia akhirnya merantau ke kota pelajar untuk melanjutkan pendidikan. Ia masuk ke Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Banyak pengalaman yang ia dapat selama bangku perkuliahan hingga akhirnya ia resmi lulus dan mengantongi predikat dokter pada 2009.

Selanjutnya, dokter berusia 35 tahun ini mengambil program pendidikan spesialis penyakit dalam dan lulus pada 2016. Sejak lulus, Azzaky mulai bekerja di RSUP Soeradji Tirtonegoro, Klaten hingga sekarang dan tergabung dalam KSM (Kelompok Satuan Medik) Penyakit Dalam.

Pada akhir 2020, ia mendapatkan gelar FINASIM (Fellows of the Indonesian Society of Internal Medicine) dari Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PB PAPDI).

Kesibukan Dokter Azzaky

Di luar kesibukan Azzaky memberikan pelayanan sebagai dokter di Klaten, ia menjadi reviewer Jurnal Pendidikan Tinggi (DIKTI) Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X yang membawahi daerah Sumbar, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau.

Ia tergabung dalam organisasi Komunitas Kesehatan Nasional sebagai pengurus inti periode 2019–2024 yang memperjuangkan kepentingan tenaga kesehatan Indonesia. Ia juga merupakan Ketua Tim dan Pokja Geriatri RSUP Soeradji Tirtonegoro serta Pembina Paguyuban Hemofilia Kabupaten Klaten.

Dalam bidang karya tulis, beberapa karya dokter Azzaky pernah dimuat di media. Ia masuk dalam deretan tokoh kedokteran versi majalah jurnal Ethical Digest sebagai tokoh kedokteran muda yang menginspirasi Indonesia, khususnya Kabupaten Klaten.

Selain itu, ia juga sering mendapat undangan untuk mengisi acara-acara program di televisi, RTD, dan seminar.

Baca juga: Dokter Yusirwan Yusuf, Memimpin Dua Rumah Sakit Besar di Sumatra

Azzaky telah berkeluarga sejak tahun 2011. Ia menikah dengan dr. Dian Andalina Putri. Istrinya merupakan alumni Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran Bandung angkatan 2004.

Pada 2021, Azzaky menjabat sebagai Ketua Pokja KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) Kabupaten Klaten. Pada tahun yang sama, ia mendapat penghargaan YBSI Award sebagai Tokoh Inspiratif di Tengah Pandemi Covid-19 bersama tiga tokoh lainnya. [den]

Baca Juga

Fauziah Fauzan El Muhammady adalah seorang guru yang sejak 2003 memimpin perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang.
Fauziah Fauzan El Muhammady, Pemimpin Diniyyah Puteri
Abdul Hamid Hakim adalah seorang ulama bidang fikih dan pemimpin Thawalib Padang Panjang.
Abdul Hamid Hakim, Ulama Ahli Fikih dan Pemimpin Thawalib Padang Panjang
Idrus Hakimy Dt. Rajo Pangulu adalah seorang ulama dan ahli adat Minangkabau
Idrus Hakimy Dt. Rajo Pangulu, Ulama dan Ahli Adat Minangkabau
Abdul Latif Syakur adalah seorang ulama ahli tafsir yang berkiprah dalam pemajuan pendidikan perempuan dan pers. Ia membidani lahirnya majalah Islam umum, Pewarta Islam, dan majalah Islam khusus perempuan, Djauharah.
Abdul Latif Syakur, Ulama Ahli Tafsir dan Kiprahnya Memajukan Pendidikan Perempuan
Ahmad Yakub Datuk Simarajo adalah seorang ahli adat Minangkabau dan pejuang kemerdekaan Indonesia. Ia merupakan pendiri sekaligus pemimpin Majelis Tinggi Kerapatan Adat Alam Minangkabau (MTKAAM),
Perjuangan Datuk Simarajo, Ahli Adat Minangkabau Untuk Kemerdekaan
Akmal Nasery Basral adalah seorang pengarang fiksi Indonesia. Ia menulis lintas genre mulai dari fiksi ilmiah, sejarah, dan thriller. Ia telah menerbitkan 22 novel dan dua kumpulan cerpen.
Perjalanan Akmal Nasery Basral, Novelis yang Tekun Menggarap Genre Sejarah