Parendangan Nasution, Guru dan Kepala SMA Negeri 12 Padang

Parendangan Nasution adalah seorang guru Indonesia yang saat ini menjadi Kepala SMA Negeri 10 Padang. Ia merupakan lulusan Jurusan Sejarah Universitas Negeri Padang (UNP).

Parendangan Nasution. [Foto: Ist.]

Suluah.com – Drs. Parendangan Nasution, M.Pd atau Pak Dadang adalah seorang guru Indonesia yang saat ini menjadi Kepala SMA Negeri 12 Padang. Ia merupakan lulusan Jurusan Sejarah Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) atau kini Universitas Negeri Padang (UNP).

Sebelumnya, ia pernah menjadi Kepala SMA Negeri 10 Padang dan Kepala SMA PGAI Padang. Ia juga pernah mengajar di SMA PGRI 1 Padang, SMA Negeri 3 Pasaman, SMA Negeri 1 Lubuk Basung, dan SMA Negeri 1 Padang.

Kehidupan Awal

Parendangan Nasution lahir pada 7 Januari 1965 di Desa Kumpulan, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat (Sumbar). Ia merupakan anak ketiga dari sembilan bersaudara.

Ia melewati masa kecil di desa kelahirannya yang terpencil dan jauh di pelosok. Memasuki usia remaja, ia sudah terbiasa hidup mandiri. Ia juga rutin ke masjid, bahkan mengumandangkan azan setiap waktu Subuh.

Sejak SD hingga SMA, Parendangan Nasution memiliki prestasi yang cukup cemerlang. Ia tercatat sebagai lulusan SMA Negeri Simpang Empat dengan nilai ujian akhir paling tinggi.

Ia semula berkeinginan mengambil kuliah di Institut Pertanian Bogor (IBP). Namun, sang ibu tidak mengizinkan, sehingga ia memilih berkuliah di Padang.

Menjadi Guru dan Kepala Sekolah

Pada tahun 1984, ia masuk ke Jurusan Sejarah IKIP (sekarang UNP). Pada tahun 1989, tepat sebelum wisuda, ia memenangkan sebuah perlombaan karya tulis ilmiah se-Indonesia.

Prestasi tersebut ternyata menjadi batu loncatan bagi Parendangan Nasution memulai kariernya sebagai guru. Ia diminta oleh Kepala SMA PGRI 1 Padang untuk mengajar di sekolah tersebut. Selang tiga tahun mengajar, ia diberi amanah untuk menjadi wakil kurikulum.

Selanjutnya, ia mendapat amanah sebagai Kepala SMA PGAI Padang. Saat itu, usianya masih usia 30 tahun.

Dari 1995 hingga 2000, ia mendapat tugas mengajar di SHS International Indonesia Hongkong. Sekembali ke Tanah Air, ia mengajar di SMA Negeri 3 Pasaman, SMA Negeri 1 Lubuk Basung, dan SMA Negeri 1 Padang.

Dari 2016 hingga 2021, Parendangan Nasution menjabat sebagai Kepala SMA Negeri 10 Padang, salah satu sekolah unggul di Sumbar. Setelah itu, ia menjabat sebagai Kepala SMA Negeri 12 Padang. [den]

Baca Juga

Sobhan Lubis adalah seorang dosen UIN Imam Bonjol Padang. Ia menjabat sebagai Ketua Pengurus Masjid Raya Sumatra Barat.
Sobhan Lubis, Ketua Pengurus Masjid Raya Sumbar
Abdullah Ahmad
Abdullah Ahmad, Ulama Reformis di Bidang Dakwah dan Pendidikan
Sari Lenggogeni
Sari Lenggogeni, Akademisi dan Pengamat Pariwisata Indonesia
Sitinjau Laut atau Sitinjau Lauik adalah ruas jalan yang terkenal memiliki tikungan tajam dan curam menghubungkan Kota Padang dan Solok.
Bagaimana Kelanjutan Proyek Jalan Layang Sitinjau Laut?
Anwar Ilmar pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta (1984–1991). Ia juga pernah menjadi Bupati Jayapura pertama (1967–1975) dan Bupati Merauke kedua (1963–1966).
Anwar Ilmar, Urang Awak yang Jadi Bupati Merauke dan Jayapura hingga Wakil Gubernur Jakarta
Surau Baru Pauh didirikan pada tahun 1910 oleh Syekh Muhammad Thaib. Surau ini menjadi basis Thariqat Naqsyabandiyah di Padang, Sumatar Barat.
Surau Baru Pauh, Basis Tarekat Naqsyabandiyah di Padang