Pemprov Sumbar Revitalisasi Kawasan Wisata Lembah Anai

Suluah.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat (Sumbar) akan merevitalisasi kawasan objek wisata air terjun Lembah Anai demi meningkatkan kenyamanan dan kunjungan wisata.

Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar Audy Joinaldy menyebut revitalisasi meliputi optimalisasi lahan parkir, penataan akses, dan pembangunan fasilitas penunjung lainnya.

“Dari dulu lembah Anai begitu saja, padahal ini salah satu ikon Sumbar. Apalagi ini sangat eye catching. Air terjunya dekat dengan jalan utama. Jadi perlu sekali lebih dikembangkan,” ujar Audy dalam rapat bersama Dinas Pariwisata Sumbar dan beberapa OPD terkait, Rabu (23/11/22).

Selama ini, wisatawan air terjun Lembah Anai memarkir kendaraan mereka di sekitar air terjun. Tidak ada parkir khusus yang representatif untuk menampung limpahan wisatawan pada musim liburan.

Kepala Dinas Pariwisata Luhur Budianda menyebut pihaknya telah menyusun project plan optimalisasi potensi objek wisata air terjun Lembah Anai.

“Kita rencanakan membuat jalur opsional ke air terjun, sehingga kita bisa membangun plaza yang bisa menjadi tempat untuk berwisata tanpa menganggu bangunan yang sudah ada," terangnya.

Budi menyebut, gorong-gorong jalan juga akan diperdalam demi mencegah luapan air terjun setiap hujan deras yang mengakibatkan tertutupnya akses jalan.

Baca juga: Mengapa Air Terjun Lembah Anai Dijuluki Air Mancur?

"Gorong-gorong air terjun juga akan kita perdalam untuk mengatasi limpahan air terjun, tanpa meninggalkan nilai estetikannya,” lanjut Budi.

Upaya revitalisasi objek wisata air terjun Lembah Anai diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisata yang merupakan penopang ekonomi masyarakat sekitar. [*]

Baca Juga

Mengapa air terjun Lembah Anai di Sumatra Barat populer dengan sebutan air mancur?
Mengapa Air Terjun Lembah Anai Dijuluki Air Mancur?
Ketua PGI Pdt. Gomar Gultom mendorong upaya terciptanya ruang perjumpaan dan dialog antarumat beragama di Sumatra Barat
Soal Sumbar Provinsi Intoleran, Ini Kata Ketua PGI Gomar Gultom
Sumbar memperoleh peringkat kelima dalam perolehan medali Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XVII 2022
Menpora Resmi Tutup Pomnas XVII 2022, Sumbar Peringkat Lima
Irwan Prayitno menyebut Universitas Adzkia sejak berstatus STKIP telah melahirkan lulusan yang banyak terserap bekerja di sektor pendidikan
Wisuda Universitas Adzkia XVI, Rektor: 98% Lulusan Terserap di Sektor Pendidikan
Buya Hamka menjadi film paling mahal yang digarap oleh Falcon Pictures
Film Buya Hamka Termahal, Rilis Film Masih Mencari Momen
Rapat Koordinasi Gubernur dan Wali Nagari/Kepala Desa se-Sumbar
Gubernur Mahyeldi Ajak Wali Nagari se-Sumbar Sinergi Bangun Daerah