Layanan Digital Mudahkan Urusan Warga Kota Padang

Sejumlah sektor pelayanan publik Pemerintah Kota Padang sudah menerapkan layanan secara digital. Apa saja layanan berbasis digital di Padang?

Ilustrasi.

Suluah.com – Pandemi Covid-19 menjadi momentum bagi Pemerintah Kota Padang untuk mengakselerasi perbaikan di sektor pelayanan publik. Saat ini, sejumlah layanan sudah bisa diakses secara digital.

Program digitasi dan digitalisasi ini dalam rangka mengikuti perubahan cara dan gaya hidup selama masa pandemi Covid-19.  Apa saja sektor pelayanan publik berbasis digital yang ada di Kota Padang?

Kependudukan Hingga Perizinan

Saat ini, berbagai jenis pelayanan Pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Padang sudah menerapkan sistem berbasis online. Warga dapat mengaksesnya melalui situs online.disdukcapil.padang.go.id.

Begitu pula layanan pengurusan berbagai dokumen atau surat-surat di kelurahan. Warga tidak perlu lagi datang ke kantor kelurahan, tapi cukup dengan mengakses situs ekelurahan.padang.go.id.

Layanan digital ini bertujuan menyederhanakan dan memudahkan urusan warga Kota Padang tanpa harus face to face dengan petugas layanan sekaligus bentuk upaya melindungi warga agar tidak tertular Covid-19.

Selain itu, Kota Padang secara berangsur sudah beralih sudah menerapkan pembayaran berbagai jenis retribusi secara virtual dengan menggunakan berbagai aplikasi, menggantikan cara-cara konvensional.

Demikian pula halnya dalam pengurusan perizinan berusaha baik yang baru akan memulai usahanya maupun yang sedang menjalankan dan mengekspansi usahanya.

Penyediaan WiFi Gratis

Seiring meningkatnya kebutuhan internet bagi masyarakat terutama pada masa pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Padang telah menyediakan WiFi gratis di sejumlah spot. WiFi gratis dapat membantu pelajar dan mahasiswa yang belajar daring. Begitu pula untuk urusan bisnis, kegiatan usaha, dan berbagai hal positif lainnya.

Menurut Dinas Kominikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Padang, jaringan internet sudah tersambung ke 202 spot: 40 spot kantor organisasi perangkat daerah, 11 kantor camat, 104 kantor lurah, 23 puskesmas, 14 rumah ibadah, dan 10 ruang publik.

Baca juga: Kota Padang dalam Statistik Sumbar Tahun 2020

Warga Kota Padang dapat memanfaatkan semua jaringan internet yang tersedia, terutama bagi mereka yang mulai mengembangkan usahanya secara digital melalui berbagai akun pribadi media sosial masing-masing.

Proses digitasi dan digitalisasi tersebut merupakan komitmen Pemerintah Kota Padang melaksanakan amanat Presiden Republik Indonesia dalam menjalankan proses transformasi digital, terutama dalam hal pelayanan kepada masyarakat. Itu semua dapat terlaksana di Kota Padang karena jaringan internet sudah tersedia hampir di semua spot. (den)

Tag:

Baca Juga

Abdullah Ahmad
Abdullah Ahmad, Ulama Reformis di Bidang Dakwah dan Pendidikan
Parendangan Nasution adalah seorang guru Indonesia yang saat ini menjadi Kepala SMA Negeri 10 Padang. Ia merupakan lulusan Jurusan Sejarah Universitas Negeri Padang (UNP).
Parendangan Nasution, Guru dan Kepala SMA Negeri 12 Padang
Sari Lenggogeni
Sari Lenggogeni, Akademisi dan Pengamat Pariwisata Indonesia
Sitinjau Laut atau Sitinjau Lauik adalah ruas jalan yang terkenal memiliki tikungan tajam dan curam menghubungkan Kota Padang dan Solok.
Bagaimana Kelanjutan Proyek Jalan Layang Sitinjau Laut?
Anwar Ilmar pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta (1984–1991). Ia juga pernah menjadi Bupati Jayapura pertama (1967–1975) dan Bupati Merauke kedua (1963–1966).
Anwar Ilmar, Urang Awak yang Jadi Bupati Merauke dan Jayapura hingga Wakil Gubernur Jakarta
Surau Baru Pauh didirikan pada tahun 1910 oleh Syekh Muhammad Thaib. Surau ini menjadi basis Thariqat Naqsyabandiyah di Padang, Sumatar Barat.
Surau Baru Pauh, Basis Tarekat Naqsyabandiyah di Padang