Mahyeldi Minta Maaf dan Serahkan Mobil Dinas Baru untuk Penanganan Covid-19

Gubernur Sumbar Mahyeldi meminta maaf atas polemik terkait mobil dinas barunya. Mobil tersebut kini ia serahkan untuk penanganan Covid-19.

Gubernur Sumbar Mahyeldi meminta maaf atas polemik terkait mobil dinas barunya. Mobil tersebut kini ia serahkan untuk penanganan Covid-19.

Suluah.com – Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi meminta maaf atas polemik yang muncul terkait mobil dinas baru yang menjadi sorotan nasional beberapa hari belakangan. Permintaan maaf tersebut ia sampaikan dalam konferensi pers di Istana Gubernur Sumbar, Kamis (19/8/2021).

"Saya atas nama pribadi dan pemerintah terlebih dahulu menyampaikan permohonan maaf kepada kita semua karena telah menimbulkan keresahan dan jadi pembicaraan publik," ujarnya.

Mahyeldi mengatakan, peruntukan mobil dinas baru akan dialihkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar untuk operasional penanganan Covid-19. Secara simbolik, ia menyerahkan surat dan kunci mobil tersebut kepada Plh. Kepala BPBD Sumbar Mulyadi.

"Saya meminta agar mobil ini digunakan untuk membantu penanganan Covid-19 di Sumbar," sebutnya.

Mahyeldi pada kesempatan yang sama menginstruksikan agar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait untuk melelang segera mobil dinas yang lama sehingga dananya bisa dialokasikan untuk penanggulangan Covid-19.

"Ini wujud komitmen pemerintah provinsi Sumbar dalam rangka penanganan Covid-19 dan bukti kepedulian kepada masyarakat," sebutnya.

Sementara itu, Mahyeldi menyebut alasan dari pembelian mobil baru lantaran kondisi mobil dinas yang ada sudah tidak layak pakai.

"Mobil dinas yang lama beberapa kali mengalami kerusakan teknis sehingga menghambat mobilisasi pelayanan ke daerah. Untuk sementara waktu, saya dipinjamkan mobil oleh salah satu SKPD dengan harapan pelayanan kita kepada masyarakat tetap terlaksana," jelasnya.

Mahyeldi juga mengatakan, harga mobil dinas baru yang ia gunakan dibeli dengan anggaran yang lebih rendah. "Penghematan anggarannya hingga 40 persen dari pagu yang ada," terangnya.

Baca juga: Hansastri, Putra Pasaman Barat Jadi Sekdaprov Sumbar

Seperti diketahui, anggaran mobil dinas baru untuk gubernur diusulkan sejak 2020 oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar.

"Sekali lagi atas nama pribadi dan pemerintah provinsi Sumbar, kami menyampaikan permohonan maaf dan terima kasih atas kepedulian kita semua," pungkasnya. (den)

Tag:

Baca Juga

Kunjungan Kerja ke Kapur IX, Gubernur Sumbar Percepat Bangun Hilirisasi Industri Gambir
Gubernur Sumbar Percepat Bangun Hilirisasi Industri Gambir
Sikap beberapa anggota DPRD Sumbar terkait renovasi rumah dinas Ketua DPRD Sumbar berbeda ketika menolak mobil dinas baru Gubernur Sumbar.
Inkonsistensi Anggota DPRD Sumbar, Tolak Mobil Dinas Tapi...
Rakyat Palestina masih sempat menyumbang untuk warga Padang ketika dilanda bencana, meski mereka sendiri kesusahan akibat dilanda perang.
Padang Punya Kota Kembar di Palestina!
Bersih dan nyaman, demikian fasilitas ibadah yang ingin dihadirkan oleh pengurus Masjid Jamik Nurul Huda di Kelurahan Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang.
Beribadah di Masjid Jamik Nurul Huda Padang Panjang yang Bersih dan Nyaman
Rinaldi pernah menjadi Sespri Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. Pada 2019, ia terpilih menjadi anggota DPRD Sumbar dari daerah pemilihan Agam dan Bukittinggi dari PKS.
Rinaldi, Dari Sespri Gubernur Hingga Jadi Anggota DPRD Sumbar
Gempa berkekuatan magnitudo 5,2 mengguncang Kabupaten Agam, Sumatra Barat pada Minggu (12/9/2021) sore pukul 16:02 WIB. Berikut laporan BMKG.
Penjelasan BMKG Soal Gempa 5,2 M yang Guncang Kabupaten Agam