Adiwarman Karim, Komisaris Utama Bank Syariah Indonesia

Adiwarman Karim diangkat menjadi Komisaris Utama PT Bank Syariah Indonesia pada Selasa (24/8/2021). Ia berasal dari keluarga perantau Minang.

Adiwarman Karim.

Suluah.com – Adiwarman Karim diangkat menjadi Komisaris Utama PT Bank Syariah Indonesia (BSI) terhitung sejak Selasa (24/8/2021). Sosok ini adalah seorang tokoh ekonomi syariah ternama di Indonesia.

Namanya sudah tak asing di dunia perbankan syariah. Ia merupakan anggota Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan dewan pengawas sejumlah lembaga perbankan syariah. Berikut profilnya.

Dari Keluarga Perantau Minang

Adi, demikian sapaan akrabnya, lahir pada 29 Juni 1963 di Jakarta. Orang tuanya merupakan perantau Minang yang berasal dari Padang, Sumatra Barat. Sang ayah adalah mantan jaksa yang memilih mengundurkan diri dan menjadi pengacara dengan mendirikan firma hukum Karim Syah.

Adiwarman Karim memiliki tiga saudara yang semuanya adalah laki-laki dan sarjana hukum. Namun, berbeda dengan saudaranya yang lain, begitu tamat SMA pada tahun 1982, ia masuk ke jurusan ekonomi di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Saat remaja, Adi sempat terseret pergaulan bebas. Ia lebih sering hura-hura dan disko ketimbang belajar atau mengaji. Sikap tersebut terbawa sampai kuliah sehingga mengakibatkan nilainya jeblok.

Pada tahun kedua kuliah, Adiwarman Karim mulai mencoba menyibukkan diri. Pada tahun 1986, ia menyelesaikan kuliahnya di IPB. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan master di Universitas Boston, Amerika Serikat dan Universitas European, Belgia

Karier di Dunia Perbankan Syariah

Adiwarman Karim semula bekerja sebagai pegawai di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. Pada tahun 1992, ia melamar menjadi staf litbang di Bank Muamalat. Sejak itu, ia mulai menekuni bidang perbankan syariah.

Pada 1998, ia memimpin Bank Muamalat cabang Bandung. Jabatannya perlahan naik hingga ia dipercaya menjadi Wakil Direktur Utama Muamalat Institute. Namun, ia memutuskan mengundurkan diri pada tahun 2001.

Baca juga: Dokter Idris Idham, Ahli Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Berhenti dari Muamalat, ia mendirikan perusahaan konsultan bisnis syariah Karim Consulting Indonesia. Perusahaan ini membidani lahirnya beberapa unit syariah di sejumlah bank di Indonesia. Namanya pun kian melambung hingga ia dipercaya menjadi dewan pengawas sejumlah lembaga perbankan syariah.

Di luar kesibukannya di dunia perbankan, Adiwarman Karim giat menulis, memberikan pelatihan, dan menjadi dosen tamu di berbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri. (den)

Baca Juga

Zukri Saad adalah aktivis Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Indonesia yang berkiprah dalam gerakan masyarakat sipil di Sumatra Barat
Zukri Saad, Tokoh Gerakan Masyarakat Sipil Sumatra Barat
Erlina Burhan adalah seorang dokter spesialis paru Indonesia yang berpraktik di dua lokasi di Jakarta, yakni di RS Islam Jakarta Cempaka Putih dan RS YARSI
Erlina Burhan, Berkiprah Eliminasi TB hingga Penanganan Pandemi Covid-19
Kamardi Thalut berkiprah memajukan bagian bedah sekaligus menjadi guru besar untuk bidang tersebut di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.
Kamardi Thalut, Dokter Bedah Berdedikasi
Djamaluddin Tamim adalah seorang wartawan dan pejuang kemerdekaan Indonesia yang memimpin Partai Komunis Indonesia di Sumatra Barat pada dekade 1920-an
Djamaluddin Tamim, Berjuang untuk Indonesia Merdeka Meski Bolak-Balik Penjara
Yulizal Yunus adalah seorang filolog dan akademisi bidang sastra Arab. Topik penelitiannya mencakup biografi dan karya ulama Minangkabau.
Yulizal Yunus, Mengkaji Khazanah Keilmuan Ulama Minangkabau Lewat Manuskrip
Zubaidah Djohar adalah seorang penyair dan aktivis kemanusiaan Indonesia
Zubaidah Djohar dan Kerja Kemanusiaannya Bagi Korban Konflik