Adiwarman Karim, Komisaris Utama Bank Syariah Indonesia

Adiwarman Karim diangkat menjadi Komisaris Utama PT Bank Syariah Indonesia pada Selasa (24/8/2021). Ia berasal dari keluarga perantau Minang.

Adiwarman Karim.

Suluah.com – Adiwarman Karim diangkat menjadi Komisaris Utama PT Bank Syariah Indonesia (BSI) terhitung sejak Selasa (24/8/2021). Sosok ini adalah seorang tokoh ekonomi syariah ternama di Indonesia.

Namanya sudah tak asing di dunia perbankan syariah. Ia merupakan anggota Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan dewan pengawas sejumlah lembaga perbankan syariah. Berikut profilnya.

Dari Keluarga Perantau Minang

Adi, demikian sapaan akrabnya, lahir pada 29 Juni 1963 di Jakarta. Orang tuanya merupakan perantau Minang yang berasal dari Padang, Sumatra Barat. Sang ayah adalah mantan jaksa yang memilih mengundurkan diri dan menjadi pengacara dengan mendirikan firma hukum Karim Syah.

Adiwarman Karim memiliki tiga saudara yang semuanya adalah laki-laki dan sarjana hukum. Namun, berbeda dengan saudaranya yang lain, begitu tamat SMA pada tahun 1982, ia masuk ke jurusan ekonomi di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Saat remaja, Adi sempat terseret pergaulan bebas. Ia lebih sering hura-hura dan disko ketimbang belajar atau mengaji. Sikap tersebut terbawa sampai kuliah sehingga mengakibatkan nilainya jeblok.

Pada tahun kedua kuliah, Adiwarman Karim mulai mencoba menyibukkan diri. Pada tahun 1986, ia menyelesaikan kuliahnya di IPB. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan master di Universitas Boston, Amerika Serikat dan Universitas European, Belgia

Karier di Dunia Perbankan Syariah

Adiwarman Karim semula bekerja sebagai pegawai di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. Pada tahun 1992, ia melamar menjadi staf litbang di Bank Muamalat. Sejak itu, ia mulai menekuni bidang perbankan syariah.

Pada 1998, ia memimpin Bank Muamalat cabang Bandung. Jabatannya perlahan naik hingga ia dipercaya menjadi Wakil Direktur Utama Muamalat Institute. Namun, ia memutuskan mengundurkan diri pada tahun 2001.

Baca juga: Dokter Idris Idham, Ahli Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Berhenti dari Muamalat, ia mendirikan perusahaan konsultan bisnis syariah Karim Consulting Indonesia. Perusahaan ini membidani lahirnya beberapa unit syariah di sejumlah bank di Indonesia. Namanya pun kian melambung hingga ia dipercaya menjadi dewan pengawas sejumlah lembaga perbankan syariah.

Di luar kesibukannya di dunia perbankan, Adiwarman Karim giat menulis, memberikan pelatihan, dan menjadi dosen tamu di berbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri. (den)

Baca Juga

Asvi Warman Adam adalah sejarawan kontemporer Indonesia yang menjadi peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sejak 1983.
Asvi Warman Adam, Menguak Kabut Sejarah
Ahmad Khatib Datuk Batuah adalah seorang guru agama dan aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ia merupakan tokoh Partai Komunis Indonesia (PKI) terkemuka di Sumatra Barat pada awal abad ke-20.
Ahmad Khatib Datuk Batuah, Dari Sarekat Islam ke PKI
Fauziah Fauzan El Muhammady adalah seorang guru yang sejak 2003 memimpin perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang.
Fauziah Fauzan El Muhammady, Pemimpin Diniyyah Puteri
Abdul Hamid Hakim adalah seorang ulama bidang fikih dan pemimpin Thawalib Padang Panjang.
Abdul Hamid Hakim, Ulama Ahli Fikih dan Pemimpin Thawalib Padang Panjang
Idrus Hakimy Dt. Rajo Pangulu adalah seorang ulama dan ahli adat Minangkabau
Idrus Hakimy Dt. Rajo Pangulu, Ulama dan Ahli Adat Minangkabau
Abdul Latif Syakur adalah seorang ulama ahli tafsir yang berkiprah dalam pemajuan pendidikan perempuan dan pers. Ia membidani lahirnya majalah Islam umum, Pewarta Islam, dan majalah Islam khusus perempuan, Djauharah.
Abdul Latif Syakur, Ulama Ahli Tafsir dan Kiprahnya Memajukan Pendidikan Perempuan