Fikrul Hanif Sufyan, Menulis Sejarah Pergerakan di Sumatra Barat

Fikrul Hanif Sufyan adalah sejarawan dan penulis Indonesia. Penelitiannya berkenaan sejarah pergerakan di Sumatra Barat.

Fikrul Hanif Sufyan. [Foto: Ist.]

Suluah.com – Fikrul Hanif Sufyan adalah sejarawan dan penulis Indonesia. Penelitiannya berkaitan dengan sejarah pergerakan di Sumatra Barat (Sumbar).

Saat ini, ia menjadi dosen di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Abdi Pendidikan, Payakumbuh. Ia aktif menulis di media online seperti Republika, Sindonews, dan Ibtimes.

Kehidupan Awal

Fikrul Hanif Sufyan lahir di Kota Padang, Sumatra Barat pada 2 Januari 1980. Ia merupakan anak kedua dari pasangan Sufyan Sulaiman dan Ermida Syarif.

Ia menyelesaikan pendidikan SD di Padang, SMP di Tangerang, dan SMA di Bogor. Kembali ke Padang pada 1998, ia mengambil kuliah di program studi Ilmu Sejarah Universitas Andalas (Unand) dan tamat pada 2003.

Fikrul sempat bekerja sebagai reporter untuk harian Rakyat Merdeka (2004). Setelah itu, ia bekerja sebagai editor untuk buku ilmu-ilmu sosial dan sejarah pada penerbit Sari Ilmu Pratama (2005–2008) dan Yudhistira (2007–2009).

Pada 2009, ia melanjutkan program magister di kampus yang sama dan tamat pada 2011.

Karier Akademik dan Karya

Pada 2008, Fikrul Hanif Sufyan mulai menjadi staf pengajar di program studi Pendidikan Sejarah STKIP Abdi Pendidikan, Payakumbuh.

Setelah menyelesaikan S-2, ia sempat menjadi dosen tidak tetap ilmu sejarah Unand (2011–2013) dan STKIP PGRI Sumatra Barat (2012–2013).

Pada 2015, ia diangkat sebagai Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan STKIP Abdi Pendidikan untuk periode jabatan hingga 2019.

Baca juga: Wannofri Samry, Sejarawan Pers Indonesia

Sebagai sejawaran, ia meneliti sejarah pergerakan maupun tema lainnya. Beberapa penelitiannya telah diterbitkan dalam bentuk buku. Di antaranya Sang Penjaga Tauhid: Studi Protes Terhadap Tirani Kekuasaan 1982−1985 (2014), Menuju Lentera Merah: Gerakan Propagandis Komunis di Serambi Mekah 1923-1949 (2018), dan Chatib Sulaiman Sang Republiken (2019).

Selanjutnya, Biografi Samik Ibrahim: Jejak Langkah Perintis Muhammadiyah dan Angkatan Laut (2021) dan Gejolak Sosial Islam Modernis dan Komunis di Sumatra Barat 1915–1930 (2021). [den]

Baca Juga

Fauziah Fauzan El Muhammady adalah seorang guru yang sejak 2003 memimpin perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang.
Fauziah Fauzan El Muhammady, Pemimpin Diniyyah Puteri
Abdul Hamid Hakim adalah seorang ulama bidang fikih dan pemimpin Thawalib Padang Panjang.
Abdul Hamid Hakim, Ulama Ahli Fikih dan Pemimpin Thawalib Padang Panjang
Idrus Hakimy Dt. Rajo Pangulu adalah seorang ulama dan ahli adat Minangkabau
Idrus Hakimy Dt. Rajo Pangulu, Ulama dan Ahli Adat Minangkabau
Abdul Latif Syakur adalah seorang ulama ahli tafsir yang berkiprah dalam pemajuan pendidikan perempuan dan pers. Ia membidani lahirnya majalah Islam umum, Pewarta Islam, dan majalah Islam khusus perempuan, Djauharah.
Abdul Latif Syakur, Ulama Ahli Tafsir dan Kiprahnya Memajukan Pendidikan Perempuan
Ahmad Yakub Datuk Simarajo adalah seorang ahli adat Minangkabau dan pejuang kemerdekaan Indonesia. Ia merupakan pendiri sekaligus pemimpin Majelis Tinggi Kerapatan Adat Alam Minangkabau (MTKAAM),
Perjuangan Datuk Simarajo, Ahli Adat Minangkabau Untuk Kemerdekaan
Akmal Nasery Basral adalah seorang pengarang fiksi Indonesia. Ia menulis lintas genre mulai dari fiksi ilmiah, sejarah, dan thriller. Ia telah menerbitkan 22 novel dan dua kumpulan cerpen.
Perjalanan Akmal Nasery Basral, Novelis yang Tekun Menggarap Genre Sejarah