Sutan Emir Hidayat, Akademisi Ekonomi Syariah Indonesia

Sutan Emir Hidayat adalah seorang akademisi ekonomi syariah Indonesia. Saat ini, ia menjabat sebagai Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah di Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

Sutan Emir Hidayat. [Foto: Ist]

Suluah.com – Dr. Sutan Emir Hidayat adalah seorang akademisi ekonomi syariah Indonesia. Saat ini, ia menjabat sebagai Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah di Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

Ia merupakan Kepala Sekolah Bisnis di University College of Bahrain (UCB) sejak 2014 hingga sekarang. Ia juga menjadi associate professor di International Open University (IOU).

Kiprah

Sutan Emir Hidayat lahir di Kota Padang pada 11 April 1981. Ayahnya adalah Muhammad Taufiq Thaib, pewaris tahta Kerajaan Pagaruyung, dan ibunya adalah Puti Rahmah Oesman.

Ia memperoleh gelar sarjana manajemen agribisnis dari Institut Pertanian Bogor (IPB) pada 2003. Setelah itu, ia mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan S-2 di International Islamic University Malaysia (IIUM) dan tamat pada 2005.

Semula, Sutan Emir Hidayat berniat menjadi seorang praktisi di bidang syariah sebuah perusahaan. Namun, lamarannya ditolak sehingga ia memilih mendaftarkan diri sebagai dosen D-3 di IIUM.

Sembari menjadi dosen, ia melanjutkan S-3 berbekal beasiswa di IIUM. Ia meraih gelar PhD pada 2013.

Sejak Juli 2014, ia menjabat sebagai Assistant Professor & Director of MBA Programme University Collage of Bahrain.

Sebagai akademisi, Sutan Emir Hidayat telah menerbitkan makalah penelitian dalam jumlah yang cukup signifikan di jurnal internasional terkemuka. Ia juga seorang associate editor untuk Journal of Islamic Financial Studies (JIFS).

Ia telah menerbitkan beberapa buku dan menulis berbagai bab di banyak buku. Ia juga aktif menjadi narasumber pada konferensi, seminar, dan forum terkemuka. [den]

Baca Juga

Fauziah Fauzan El Muhammady adalah seorang guru yang sejak 2003 memimpin perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang.
Fauziah Fauzan El Muhammady, Pemimpin Diniyyah Puteri
Abdul Hamid Hakim adalah seorang ulama bidang fikih dan pemimpin Thawalib Padang Panjang.
Abdul Hamid Hakim, Ulama Ahli Fikih dan Pemimpin Thawalib Padang Panjang
Idrus Hakimy Dt. Rajo Pangulu adalah seorang ulama dan ahli adat Minangkabau
Idrus Hakimy Dt. Rajo Pangulu, Ulama dan Ahli Adat Minangkabau
Abdul Latif Syakur adalah seorang ulama ahli tafsir yang berkiprah dalam pemajuan pendidikan perempuan dan pers. Ia membidani lahirnya majalah Islam umum, Pewarta Islam, dan majalah Islam khusus perempuan, Djauharah.
Abdul Latif Syakur, Ulama Ahli Tafsir dan Kiprahnya Memajukan Pendidikan Perempuan
Ahmad Yakub Datuk Simarajo adalah seorang ahli adat Minangkabau dan pejuang kemerdekaan Indonesia. Ia merupakan pendiri sekaligus pemimpin Majelis Tinggi Kerapatan Adat Alam Minangkabau (MTKAAM),
Perjuangan Datuk Simarajo, Ahli Adat Minangkabau Untuk Kemerdekaan
Akmal Nasery Basral adalah seorang pengarang fiksi Indonesia. Ia menulis lintas genre mulai dari fiksi ilmiah, sejarah, dan thriller. Ia telah menerbitkan 22 novel dan dua kumpulan cerpen.
Perjalanan Akmal Nasery Basral, Novelis yang Tekun Menggarap Genre Sejarah